Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pinjaman KTA

Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pinjaman KTA

Kebutuhan hidup memang seakan-akan nggak ada habisnya. Mulai dari kebutuhan primer, rumah tangga, biaya pendidikan, lifestyle, dll. Tidak dipungkiri bahwa seringkali kita dihadapkan dengan beragam kebutuhan pada waktu yang sama sehingga membutuhkan dana ekstra. Kalau ada tabungan sih aman. Tapi kalau nggak ada, bagaimana? Ya satu-satunya cara adalah mencari pinjaman KTA supaya tidak semakin membebani urusan kita.

Sebenarnya, ada banyak lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman dana kepada kita tanpa syarat yang ribet. Tetapi, sebelum kita mengajukan pinjaman KTA, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

1. Kredibilitas Penyedia Dana

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah cek kredibilitas penyedia dana pinjaman. Untuk mencari tahu kredibilitas lembaga keuangan, kita bisa bertanya kepada teman, saudara, atau kerabat dekat yang pernah bekerjasama dengan lembaga keuangan tersebut. Atau bisa juga baca-baca review para blogger. Biasanya mereka mengulas secara jujur dan menyampaikan apa adanya.

Supaya bisa mendapatkan pinjaman dana yang terjamin keamanannya, sebaiknya kita memilih lembaga keuangan yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ada banyak perbankan dan pegadaian yang bekerja sesuai standar baku oleh OJK. Lembaga ini biasanya kredibilitasnya baik. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan lembaga keuangan yang berada dalam pengawasan OJK.

2. Bunga Pinjaman

Banyak lembaga keuangan yang memberikan pinjaman uang cepat tanpa syarat dokumen yang ribet. Namun kita harus berhati-hati karena biasanya bunga yang diberikan dinilai cukup tinggi. Biasanya juga berpengaruh pada jangka waktu pengembalian cicilan. Bunga pinjaman dana cepat memiliki rata-rata bunga kurang lebih 10-25% per tahunnya. Jadi, saat mengajukan pinjaman dana cepat tanpa syarat, maka bunga pinjaman juga harus kita perhatikan.

Selain bunga pinjaman, kita juga harus memperhatikan biaya lain-lain. Biaya ini biasanya berbeda tagihannya dengan bunga pinjaman. Jangan kaget dengan biaya yang terbilang cukup mahal, karena kita meminjam dana cepat dan tanpa syarat, jadinya urusan kita diutamakan supaya pengajuan berjalan lancar dan sesuai harapan.

3. Kemampuan Finansial

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, kita harus cek cashflow keuangan terlebih dahulu. Apakah dana kebutuhan sehari-hari akan tercukupi? Apakah dana pendidikan untuk anak sudah disiapkan? Apakah dana darurat terbilang aman? Dan kekhawatiran lainnya soal pengeluaran bulanan. Kita harus menjaga kesehatan finansial supaya kebutuhan keluarga tercukupi. Membuat anak dan pasangan di rumah menjadi senang adalah kebahagiaan tersendiri untuk kita.

Ada banyak cara untuk mengecek kesehatan finansial keuangan. Kita bisa melakukan simulasi terlebih dahulu dengan menghitung berapa sisa dana yang disisihkan perbulannya untuk membayar cicilan tagihan. Kita bisa melakukan simulasi di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Ia bisa menampilkan nominal pinjaman, tenor, dan bunganya. Sangat bermanfaat bagi kita yang membutuhkan dana cepat dan tanpa syarat yang ribet.

Tinggalkan Balasan